Hubungan obesitas viseral dengan hipertensi

Many factors can lead to hypertension, one of which is obesity. Juli-Desember erat dengan retensi air dan natrium sehingga volume darah meningkat.

Penyakit dan Penyebab Lainnya Obesitas mungkin disebabkan oleh beberapa jenis penyakit.

Jurnal Doc : skripsi hubungan lansia dengan hipertensi pdf

Kelebihan energi ini akn diubah menjadi lemak tubuh. Tujuan Penulisan Tujuan penulisan makalah ini yaitu: Smeltzer dan Brenda G. Kedua aktivitas fisik dan metabolism tubuh akan turun dengan bertambahnya usia. Nikotin dapat memacu pengeluaran zat catecholamine tubuh seperti hormon adrenalin.

Wolke mengatakan bahwa. Penelitian dengan tujuan untuk melihat hubungan antara kejadian obesitas dengan hipertensi ilakukan pada masyarakat etnik Minangkabau di 8 kelurahan di kota Padang.

Dengan meningkatnya ADH, sangat sedikit urin yang disekresikan keluar tubuh, sehingga menjadi pekat dan tinggi osmolaritasnya.

Sampel diambil dengan cara porposif untuk menentukan kecamatan yang mewakili dengan 2 daerah berlokasi di sepanjang pantai dan 2 daerah lainnya berada jauh dari pantai. Peningkatan tekanan dari jantung diteruskan pada arteri sehingga tekanan darah meningkat.

Hipertensi Istilah tekanan darah berarti tekanan pada pembuluh nadi dari peredaran darah sistemik di dalam tubuh manusia. Menurut Gordon H.

Pengumpulan data Data karakteristik diperoleh melalui wawancara menggunakan kuesioner serta pengukuran tekanan darah, Berat Badan, Tinggi Badan dan lingkaran perut Analisis data Analisis univariat, untuk melihat distribusi data masing - masing variabel dan kemudian disajikan dalam bentuk tabel dan diagram.

Jurnal Doc : hubungan obesitas dengan hipertensi

Insiden di negara maju juta dan juta di negara berkembang, termasuk Indonesia. Dimana aspek fleksibilitas tersebut sedikit banyak mempengaruhi tekanan darah dan juga perkembangan hipertensi. Data dianalisis dengan uji chi square pada?

Di dalam penelitian terhadap anak-anak SLTA, hanya 8 persen dari pelajar dengan orang tua yang kurus menjadi obesitas.

Sebelum menopause wanita relative terlindungi dari penyakit kardiovaskuler karena adanya hormon esterogen. Untuk mengencerkannya, volume cairan ekstraseluler akan ditingkatkan dengan cara menarik cairan dari bagian intraseluler. Download 20 Feb Measurement of blood pressure, weight, height, waist and carried out by the WHO recommended.

Dibandingkan wanita dengan berat normal pada masa post-menousal, wanita obese mempunyai resiko yang lebih tinggi terhadap kanker payudara. Seperti yang telah disebutkan di awal, morbiditas itu dapat berupa tekanan darah tinggi atau hipertensi, kelainan fraksi lipid atau dislipidemia yang diindikasikan dari kenaikan kadar kolesterol total, penyakit jantung atau penyakit kardiovaskular, stroke, diabetes tipe II, penyakit gallblader atau penyakit di kandung empedu, disfungsi pernafasan, penumpukan kristal asam urat di jaringan dan persendian tubuh atau gout, nyeri sendi atau osteoarthritis, dan beberapa jenis kanker tertentu.

Kegemukan bisa disebabkan oleh kebanyakan makan, dalam hal kabrohidrat, lemak maupun protein, tetapi juga karena kurang bergerak. ADH di produksi di hipotalamus kelenjar pituitary dan bekerja pada ginjal untuk mengatur osmolaritas dan volume urin.

Hal ini terlihat dari survei yang dilakukan oleh Framingham Heart Study dimana dari partisipan, dua pertiganya berusia tahun. Gout penyakit asam urat tinggi n. Populasi adalah semua penderita hipertensi dan normotensi yang berusia antara 35 — 65 tahun, etnik Minang berdomisili di Sumatera Barat, kedua orang tua dan kakek nenek berasal dari Sumatera Barat dan diperoleh melalui penjaringan terhadap orang sampel yang tersebar di 4 kecamatan di Kota Padang Prov.

Penyempitan dan sumbatan oleh lemak ini memacu jantung untuk memompa darah lebih kuat lagi agar dapat memasok kebutuhan darah ke jaringan.Hubungan obesitas dan hipertensi telah diketahui sejak lama dan kedua keadaan ini sering dikaitkan dengan peningkatan risiko penyakit kardiovaskular. Pada Swedish Obese Study didapatkan angka kejadian hipertensi pada obesitas adalah sebesar 13,5% dan angka ini akan makin meningkat seiring dengan peningkatan indeks massa tubuh dan waist-hip- ratio.

Lilyasari O dkk. Hipertensi Dengan Obesitas: Adakah Peran Endotelin-1? Jurnal Kardiologi Indonesia • Vol. 28, No. 6 • November TD diastolik sebesar 1 - 4 mmHg setiap kilogram. Hipertensi merupakan salah satu penyakit kardiovaskuler dengan kematian tertinggi. Hipertensi dapat terjadi karena obesitas dan tegang.

Permasalahan penelitian adalah bagaimana hubungan antara obesitas dan tegang dengan kejadian festival-decazeville.com: Kiki Korneliani, Dida Meida.

Hubungan obesitas dengan kejadian hipertensi pada mahasiswa Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan Universitas Muhammadiyah Yogyakarta menggunakan uji Spearman. Hasil analisis Spearman dapat dilihat pada tabel berikut ini: 9 Tabel Hasil Uji Spearman Hubungan Obesitas Dengan Kejadian Hipertensi Pada Mahasiswa Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan Universitas.

artinya tidak ada hubungan obesitas dengan kejadian preeklamsi dan untuk riwayat hipertensi dengan kejadian preeklamsi dengan nilai p = 0, hubungan riwayat hipertensi dengan kejadian preeklamsi.

dengan hipertensi (p0,05). dengan Nilai OR = 1,82 dan 95% CI (1,), artinya obesitas merupakan faktor risiko terjadinya hipertensi, dimana responden yang mengalami obesitas berisiko untuk hipertensi 1,82 kali jika dibandingkan dengan responden yang tidak obesitas.

Hubungan obesitas viseral dengan hipertensi
Rated 0/5 based on 77 review