Cara menghitung kebutuhan kalori

Berat badan. Misalnya seorang wanita bernama Rina berusia 25 tahun, memiliki berat badan 55 kg, dan tinggi badan cm, hasil perhitungan BMR sebagai berikut: Untuk aktivitas fisik sedang dikalikan dengan 1,3. Dalam contoh ini, QQ harus mengkonsumsi paling nggak 1. Setelah itu baru kita bisa menghitung kebutuhan kalori secara tepat berdasarkan BMR dan kebutuhan energi dengan aktivitas tubuh.

Tidak ada koreksi dari segi kesehatan. Ini QQ dapetin dari sebuah video-blog dan akan QQ coba deskripsikan sesederhana mungkin. Contoh Menghitung Kalori Sebagai karyawan dengan aktivitas ringan yang sebagian besar waktunya dihabiskan dengan duduk di depan komputerberat badan A adalah 60 kg.

Lapisan lemak sebagai cadangan energi yang akan terbakar adalah lapisan yang terakhir terbentuk, sehingga untuk mencapai lapisan pertama lemak yang telah tertimbun akan bisa saja sangat sulit. Namun sekali lagi, ini adalah itungan rumus matematisnya, apakah lantas semua orang yang ke gym kali seminggu menghabiskan jumlah kalori yang sama?

Cara Menghitung Kebutuhan Kalori Harian

Kebutuhan protein bagi wanita hamil adalah sekitar 60 gram Artinya, wanita hamil butuh protein gram lebih tinggi dari kebutuhan wanita yang tidak hamil Ibu hamil membutuhkan sekitar 75 gram protein setiap harinya, lebih banyak 25 gram dibandingkan yang lain. Selain jenis kelamin, usia juga ikut menentukan kebutuhan kalori total atau yang biasa disebut Faktor Koreksi.

Caranya, ketahui kebutuhan kalori Anda setiap hari. Tubuh memerlukan kalori untuk melakukan setiap aktivitas, Dimana kebutuhan kalori setiap individu berbeda-beda karena dipengaruhi beberapa faktor sepertiberat badan dan tinggi badan orang tersebut.

Buat yang tahu aja, 3 dari 4 kelas tersebut merupakan kelas kardio tingkat tinggi, namun kemudian pas nimbang, kok cuma berkurang 1 kg doang. Kita minum air, secara jangka pendek itu akan menambah berat badan kita sesuai dengan berat yang kita konsumsi.

Jadi orang dengan berat badan 50 Kg dia membutuhkan kalori perhari untuk mempertahankan berat badannya. Sebagai contoh, sebut saja Ibu A, memiliki tinggi badan cm, dengan berat badan 60 kg.

Yang ada kamu malah akan mengalami malnutrisi atau bahkan gizi buruk.

Rumus Menghitung Kebutuhan Kalori Tubuh

Dengan kata lain, kenaikan berat badan wanita hamil yang ideal menjadi titik kunci tentang cukup atau tidaknya kebutuhan kalorinya dan hal ini juga bisa dijadikan indikator perkembangan janinnya tiap bulannya. Metode yang sangat praktis untuk digunakan adalah dengan perhitungan estimasi.Mengatur Menu Berdasarkan Kebutuhan Kalori Setelah kita tahu kebutuhan kalori kita, kita harus mulai berpikir bagaimana cara ‘memenuhi’ kebutuhan kalori itu dalam menu kita sehari-hari.

Misalnya ibu A dengan total kebutuhan kkal, maka ibu ini bisa makan pagi, siang dan sore masing-masing dengan porsi kalori sebesar kkal. 4/2/ · Rumus guna Menghitung Kebutuhan Kalori. Adapun formula hitungan guna mengetahui keperluan kalori tubuh kita per hari ialah = BMR x nilai level aktivitas.

Cara Menghitung Kebutuhan Kalori per Hari

Nah, sebelum Anda dapat menghitung keperluan kalori tubuh kita per hari, Anda mesti dapat dulu memahami berapa BMR (basal metabolic rate) Anda. 3/15/ · Penjelasan lebih rinci mengenai apa itu kalori dan bagaimana cara menghitung kebutuhan kalori tubuh akan dibahas berikut ini.

Apa Itu Kalori? Kalori merupakan energi yang didapatkan dari makanan atau minuman yang akan dibakar ketika kita beraktivitas sehari-hari. Atau lebih singkatnya kalori adalah bahan bakar dalam tubuh, dan bahan bakar ini Author: Isnaini Apritasari.

Cara Menghitung Jumlah Kebutuhan Kalori Per Hari 1. Menghitung Berat Badan Ideal. Jika pada artikel Hal Wajib Saat Diet kita pernah menghitung Body Mass Index (BMI) atau Indeks Massa Tubuh (IMT), kali ini kita akan menghitung berat badan festival-decazeville.com: Siti Aminah Sulaiman.

5/20/ · Cara Menghitung Berat Badan Ideal dan Kebutuhan Kalori (Penentuan Status Gizi) Jadi total kebutuhan kalori perhari untuk penderita kalori + kalori - kalori = kalori.

Untuk mempermudah perhitungan dalam konsultasi gizi digenapkan menjadi kalori. Kebutuhan kalori setiap hari masing-masing orang berbeda. Cara menghitung kebutuhan kalori tiap orang berbeda-beda, karena akan dihitung berdasarkan jenis kelamin, usia, tinggi dan berat badan, komposisi tubuh, aktivitas, hingga keadaan fisik masing-masing.

Kalori yang dibutuhkan oleh laki-laki berbeda dengan perempuan meskipun berada pada rentang usia yang sama.

Cara menghitung kebutuhan kalori
Rated 4/5 based on 98 review