Anatomi lapisan kulit

Epidermis pada tempat yang terus mengalami gesekan dan tekanan mempunyai stratum spinosum dengan lebih banyak tonofibril. Pekerja yang mempunyai riwayat alergi pada kulit cenderung terkena dermatosis daripada yang Universitas Sumatera Utara tidak mempunyai riwayat alergi kulit.

Kulit Dan jaringan di bawahnya bekerja sebagai tempat penyimpanan air, jaringan adipose di bawah kulit merupakan tempat penyimpanan lemak yang utama pada tubuh. Saraf perasa juga memungkinkan segera bereaksi terhadap hal-hal yang dapat merugikan diri kita. Kulit Normal Kulit normal cenderung mudah dirawat.

Pembentukan warna pada kulit Warna pada kulit dipengaruhi oleh dua faktor, yaitu pigmentasi epidermis dan sirkulasi kapiler yang ada di lapisan dermis.

Sebagai Tempat Penyimpanan Kulit beraksi sebagai alat penampung air Dan lemak, yang dapat melepaskannya bilamana diperlukan. Penyerapan terbatas Kulit dapat menyerap zat-zat tertentu, terutama zat-zat yang larut dalam lemak dapat diserap ke dalam kulit.

Ketebalan dan kedalaman jaringan lemak bervariasi sepanjang kontur tubuh, paling tebal di daerah pantat dan paling tipis terdapat di kelopak mata. Pada folikel rambut terdapat otot polos kecil sebagai penegak rambut.

Saraf perasa juga memungkinkan segera bereaksi terhadap hal-hal yang dapat merugikan diri kita. Pada usia lanjut kolagen saling bersilangan dalam jumlah besar dan serabut elastin berkurang menyebabkan kulit terjadi kehilangan kelemasannya dan tampak mempunyai banyak keriput.

Pada saat suhu tinggi, tubuh akan mengeluarkan keringat dalam jumlah banyak serta memperlebar pembuluh darah vasodilatasi sehingga panas akan terbawa keluar dari tubuh.

Kulit manusia

Stratum Spinosum Terdapat berkas-berkas filament yang dinamakan tonofibril, dianggap filamenfilame tersebut memegang peranan penting untuk mempertahankan kohesi sel dan melindungi terhadap efek abrasi. Terdapat di seluruh permukaan anatomi kulit dan terbanyak di telapak tangan dan kaki, dahi, dan aksila.

Yang juga penting adalah keterlibatan peraturan atau perundang- undangan. Tebalnya bervariasi, yang paling tebal pada telapak kaki sekitar 3 mm. Kesatuan lapisan taju mempunyai susunan kimiawi yang khas; inti sel dalam bagian basal lapis taju mengandung kolesterol, asam amino dan glutation.

Sel lemak ini dipisahkan oleh trabekula yang fibrosa. Gambar 1: Vitiligo ini harus dibedakan dengan perubhan kulit yang menjadi lebih putih sebagai akibat infeksi jamur.

Paronikia akut paling seringdi akibatkan oleh infeksi bakteri, umumnya Stapylococcus aureus atau Pseudomonus aeruginosa, sedangkan paronikia kronis disebabkan oleh jamur Candida albicans.

Kulit merupakan suatu kelenjar holokrin yang cukup besar dan seperti jaringan tubuh lainnya, kulit juga bernafas respirasimenyerap oksigen dan mengeluarkan karbondioksida.

Kelenjar ini memproduksi keringat yang keruh dan diuraikan oleh bakteri sehingga menghasilkan bau yang khas.

Kulit Manusia (Pengertian, Lapisan-lapisan dan Fungsinya)

Fungsi Dermis: Warna kulit terutama ditentukan oleh: Universitas Sumatera Utara Kadang-kadang penyakit ini ditularkan dari hewan peliharaan, misalnya kucing, anjing dan sebagainya, berwarna putih kelabu. Setiap warna kulit mempunyai keunikan tersendiri yang jika dirawat dengan baik dapat menampilkan karakter yang menarik.Stratum Korneum (lapisan tanduk) => lapisan kulit paling luar yang terdiri dari sel gepeng yang mati, tidak berinti, protoplasmanya berubah menjadi keratin (zat tanduk).

Anatomi kulit

Ca Kulit dicurigai apabila pada makroskopisnya tampak tumor · Filed under Patologi Anatomi. Folikel rambut untuk regenerasi lapisan kulit superfisial.

Dermis membentuk bagian terbesar kulit dengan memberikan kekuatan dan struktur pada kulit (Eckert, ).

Anatomi & Fisiologi kulit wajah kita

Dermis atau Korium (Kulit Jangat) adalah lapisan jaringan Author: Rista Ayustri. Pengetahuan tentang anatomi dan fisiologi kulit akan membantu mempermudah perawatan kulit Secara histologis kulit tersusun atas tiga lapisan utama yaitu.

Anatomi dan Fisiologi Sistem Integumen Manusia

11 bagian epidermis dimulai dari stratum korneum, stratum korneum adalah lapisan kulit yang paling luar dan terdiri atas beberapa lapisan sel-sel gepeng yang mati. Tidak hanya mampu memahami tetapi juga mampu menguraikan dan menerapkan konsep anatomi fisiologi kulit saat bantalan antar lapisan kulit dan struktur Author: Rista Ayustri.

Mengenal Lapisan-Lapisan Kulit Tubuh Manusia
Anatomi lapisan kulit
Rated 5/5 based on 70 review